IMG-LOGO
Home Berita BMKG BERIKAN BANTUAN ALAT DETEKSI GEMPA UNTUK BPBD PROVINSI NTT

BMKG BERIKAN BANTUAN ALAT DETEKSI GEMPA UNTUK BPBD PROVINSI NTT

Lambert Huru - 21 September 2021


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Timur, menerima bantuan alat Warning Receiver System InaNEWS New Gen dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Setasiun Geofisika Kupang, pada Senin (20/09/21).

 

Pelaksanaan proses serah terima dilakukan di kantor Pusdalops-PB Lasiana, oleh Kepala BMKG Setasiun Geofisika kepada Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTT. Selanjutnya BMKG juga memberikan pelatihan singkat tentang pengoperasian alat tersebut kepada tim teknis yang bertugas di Pusdalops-PB.

 

Alat yang dipasang ini nantinya bekerja memberikan sinyal peringatan dan informasi detail apabila akan terjadi gempa bumi di suatu wilayah yang meliputi lokasi gempa, waktu, magnitude gempa, kedalaman getaran, kekuatan gempa dan lainnya. Informasi yang didapatkan tidak hanya di Wilayah NTT saja namun seluruh wilayah di Indonesia.

 

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTT menyampaikan terima kasihnya kepada BMKG atas dukungan pemberian bantuan peralatan ini, dan kami sangat mengharapkan dukungan kerja sama dari BMKG Stasiun Geofisika Kupang dalam hal memberikan informasi peringatan dini bencana. Lebih lanjut beliau mengatakan agar dalam urusan mitigasi bencana kita harus kenali potensinya, siapkan strateginya, sebab bencana merupakan urusan kita bersama.DM

Tags: