IMG-LOGO
Home Berita Sebuah rumah dilaporkan mengalami kerusakan ringan akibat banjir melanda desa Lewograran, kecamatan Solor Selatan, Kabupaten Flores Timur pada Selasa, (15/11/22)

Sebuah rumah dilaporkan mengalami kerusakan ringan akibat banjir melanda desa Lewograran, kecamatan Solor Selatan, Kabupaten Flores Timur pada Selasa, (15/11/22)

Sebuah rumah dilaporkan mengalami kerusakan ringan akibat banjir melanda desa Lewograran, kecamatan Solor Selatan, Kabupaten Flores Timur pada Selasa, (15/11/22).

 

Peristiwa banjir itu terjadi akibat jebolnya sebuah talut pembatas aliran air yang letaknya persis disebelah atas tak jauh dari rumah tersebut sepanjang 20 meter. Dimana sebelumnya hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah tersebut selama kurang lebih dua jam.

 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Flores Timur melaporkan akibat banjir itu rumah salah seorang warga terendam air hingga material batu dan pasir. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 19.00 malam waktu setempat.

 

Sebagai langkah cepat dalam melakukan penanganan bencana, BPBD Kabupaten Flores Timur langsung menuju lokasi untuk melakukan upaya kaji cepat, monitoring dan pendataan. Disamping itu pihaknya juga telah memberikan bantuan logistik kepada korban berupa beras, kasur, gentong air, periuk, wajan dan kompor hock.

 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTT menghimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat khususnya yang tinggal di daerah rawan bencana, untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana akibat dari cuaca ekstrem.

 

Abila terjadi hujan berdurasi lebih dari satu jam, maka masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana agar mengungsi ke tempat lebih aman untuk sementara waktu. Pastikan memperoleh perkembangan informasi peringatan dini cuaca dari BMKG dan informasi penanggulangan bencana dari BNPB, BPBD, TNI, Polri dan lintas instansi lainnya.