IMG-LOGO
Home Berita ANGIN PUTTING BELIUNG TERJADI DI WILAYAH DESA TANADUEN, KECAMATAN KANGAE, KABUPATEN SIKKA PADA SABTU, (19/11/22).

ANGIN PUTTING BELIUNG TERJADI DI WILAYAH DESA TANADUEN, KECAMATAN KANGAE, KABUPATEN SIKKA PADA SABTU, (19/11/22).

Angin putting beliung terjadi di wilayah Desa Tanaduen, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka pada Sabtu, (19/11/22). Peristiwa itu terjadi pasca hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang sekitar pukul 15.35 sore waktu setempat.

 

Berdasarkan hasil asesmen tim kaji cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sikka sebanyak 46 warga terdampak. Peristiwa tersebut juga menyebabkan 4 rumah serta 6 dapur warga mengalami kerusakan berat.

 

Sebagai Langkah cepat penanganan bencana, pihak BPBD telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Sikka, TNI, Polri dan pemerintah desa setempat untuk mengidentifikasi kerusakan serta kerugian akibat bencana dan telah memberikan bantuan kebutuhan dasar bagi para korban berupa makanan siap saji, lauk pauk, makanan anak-anak.

 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTT mengimbau kepada pemangku kebijakan di daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan khususnya menghadapi potensi bencana akibat cuaca ekstrem, salah satunya angin kencang atau angin puting beliung.

 

Langkah-langkah yang dapat dilakukan seperti, memangkas dan memotong ranting pohon yang rapuh, melakukan pengecekan kekuatan atap rumah dan bangunan sekitar. Kemudian jika terjadi angin kencang diharapkan untuk tidak berlindung dibawah bangunan yang rapuh, papan reklame dan pepohonan dengan ranting panjang dan rapuh.