IMG-LOGO
Home Berita Kejadian banjir melanda satu Kelurahan dan tiga Desa di Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur pada Sabtu, (19/3/22).

Kejadian banjir melanda satu Kelurahan dan tiga Desa di Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur pada Sabtu, (19/3/22).

Operator 1 - Sumba Timur - 22 Februari 2024

Kejadian banjir melanda satu Kelurahan dan tiga Desa di Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur pada Sabtu, (19/3/22). Peristiwa ini terjadi setelah sebelumnya hujan dengan intensitas tinggi menguyur wilayah tersebut sejak sore hingga malam pada Jumat, (18/3/22).

 

Sebagai upaya percepatan penanganan banjir itu, pihak BPBD Kabupaten Sumba Timur bersama tim gabungan dari lintas instansi terkait telah melakukan kaji cepat, memberikan bantuan logistik, membuka dapur umum, dan memeberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat terdampak banjir.

 

Tidak ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa, namun data sementara yang di peroleh terdapat 344 KK yang rumahnya terdampak banjir dan total kerugian masih dalam proses pendataan lebih lanjut oleh BPBD setempat.

 

 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTT terus menghimbau pemerintah Kabupaten/Kota dan juga masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bahaya hidrometeorologi misalnya dengan susur sungai untuk antisipasi banjir bandang oleh petugas, normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS), pembersihan lingkungan di sepanjang aliran sungai dan selokan.

 

 

Apabila hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi berlangsung secara menerus selama lebih dari 1 jam, maka masyarakat di sekitar lereng tebing dan di dekat sungai diminta untuk waspada dan mengungsi ke lokasi yang lebih aman jika diperlukan.