IMG-LOGO
Home Berita BPBD NTT DORONG PROSES PENYALURAN DANA STIMULAN LEWAT RAPAT KOORDINASI

BPBD NTT DORONG PROSES PENYALURAN DANA STIMULAN LEWAT RAPAT KOORDINASI

Jecson A. Saly - 13 Mei 2022

Setelah selesai libur Lebaran yang cukup panjang, BPBD NTT kembali melaksanakan koordinasi pemulihan dini pembangunan rumah terdampak bencana Siklon Tropis Seroja. Kegiatan ini dilaksanakan melalui rapat koordinasi secara daring pada Selasa 10 Mei 2022. Rapat ini dipimpin oleh Analis Kebencanaan Ahli Muda Syafrudin Herman, SE.MM, dan dihadiri elemen dari BPBD Kabupaten/Kota, BPBD Provinsi NTT, dan Direktorat Pemulihan Dan Peningkatan Fisik BNPB.

Topik pembahasan utama dalam rapat ini adalah kemajuan pemulihan dini pembangunan rumah terdampak bencana Siklon Tropis Seroja. Setiap kabupaten yang mendapatkan penyaluran bantuan dana dari BNPB tersebut diminta untuk melaporkan kegiatan yang sedang dilaksanakan pada saat ini, serta kendala yang dialami untuk dicarikan jalan keluarnya. Dari laporan BPBD Kabupaten/Kota sebagian besar telah menyelesaikan proses verifikasi dan validasi, serta dalam proses sosialisasi untuk kemudian dilanjutkan dengan penyaluran dana bantuan stimulan pembangunan rumah.


Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik BNPB, Ali Bernadus SKM, M.A mengharapkan proses sosialisasi segera diselesaikan agar dana stimulan ini bisa segera disalurkan kepada masyarakat. Ia juga mengatakan, beberapa hari ke depan Kepala BNPB akan mengadakan kunjungan kerja ke NTT, momen itu bisa digunakan oleh BPBD Kabupaten/Kota untuk berkoordinasi dan melaporkan proses kemajuan penyaluran dana bantuan stimulan pembangunan rumah. Lebih lanjut ia berpesan kepada Kabupaten/Kota agar saling membantu dalam menjalankan tugas mulia ini demi kebaikan masyarakat NTT.(Lx)