IMG-LOGO
Home Berita Kejadian tanah longsor di desa Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese Barat, Kab. Manggarai pada Minggu, (12/6/22)

Kejadian tanah longsor di desa Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese Barat, Kab. Manggarai pada Minggu, (12/6/22)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai melaporkan kejadian bencana tanah longsor di  desa Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese Barat pada Minggu, (12/6/22) Pukul. 02.30 wita. Pristiwa itu terjadi akibat dampak dari saluran irigasi Wae Aweng yang meluap setelah sebelumnya hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah itu sejak Sabtu, (11/6/22).

Tim gabungan yang terdiri dari BPBD, Dinas Sosial, Bagian Pembangunan Setda Kabupaten Manggarai, Camat, Babinsa, Babinkamtibmas dan unsur Pemerintah Desa pada Senin, (13/6/22) menuju lokasi bencana untuk melakukan upaya penanganan darurat terhadap warga terdampak serta melakukan upaya membersihkan rumah warga dari material longsor.

 

Sebanyak tiga orang warga mengalami luka-luka dan telah dilarikan ke Rumah Sakit RSUD dr. Ben Mboi di Ruteng untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Selain itu terdapat sejumlah rumah warga dan 1 buah masjid tertimbun material longsor dimana 3 rumah diantaranya mengalami rusak berat. Akibatnya sebanyak 19 KK/90 jiwa terdampak dari pristiwa bencana tanah longsor ini.

Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui BPBD telah memberikan bantuan penanganan darurat sementara berupa pakaian layak pakai bagi korban yang mengungsi dan bantuan beras 800 kg, serta logistik lainnya dari Dinas Sosial Kabupaten Manggarai untuk sejumlah warga yang mengalami musibah tanah longsor. Pemerintah setempat juga akan memberikan bantuan santunan terhadap 3 warga yang mengalami luka-luka.