IMG-LOGO
Home Berita Sebanyak 36 warga terdampak banjir yang melanda Desa Jenilu, Kecamatan Kakulukmesak, Kabupaten Belu pada Jumat, (11/11/22).

Sebanyak 36 warga terdampak banjir yang melanda Desa Jenilu, Kecamatan Kakulukmesak, Kabupaten Belu pada Jumat, (11/11/22).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belu melaporkan sebanyak 36 warga terdampak banjir yang melanda Desa Jenilu, Kecamatan Kakulukmesak, Kabupaten Belu pada Jumat, (11/11/22). Banjir terjadi pasca hujan lebat selama kurang lebih dua jam mengguyur wilayah itu yang menyebabkan meluapnya debit air dari kali Manu Kakae hingga ke pemukiman warga.

 

Sebagai langkah cepat dalam melakukan penanganan bencana, BPBD Kabupaten Belu beserta pemerintah desa setempat menuju kelokasi bencana melakukan upaya evakuasi dan pendataan kerusakan, serta kerugiaan materiil dampak banjir untuk penanganan lebih lanjut.

 

Peristiwa itu menyebabkan 6 unit rumah serta 1 fasilitas umum yaitu pasar rakyat desa Jenilu terendam banjir. 1 dari 6 unit rumah tersebut dilaporkan mengalami kerusakan berat. Pasca banjir surut, warga sudah mulai membersihkan rumahnya dari lumpur dan material yang terbawa banjir.

 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTT menghimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat khususnya yang tinggal di daerah rawan bencana, untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana akibat dari cuaca ekstrem.

 

Abila terjadi hujan berdurasi lebih dari satu jam, maka masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana agar mengungsi ke tempat lebih aman untuk sementara waktu. Pastikan memperoleh perkembangan informasi peringatan dini cuaca dari BMKG dan informasi penanggulangan bencana dari BNPB, BPBD, TNI, Polri dan lintas instansi lainnya.